fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Wednesday, May 19, 2004

Mimpi-mimpi menjadi penulis besar
Mimpi mimpi. Setiap orang pasti punya mimpi-mimpi. Karena dengan mimpi-mimpi kadang menjadikan hidup lebih bersemangat dan menggairahkan. Keingian-keinginan boleh saja setinggi tanpa batas, tapi harus realistis juga. Kalau tidak, bisa-bisa dicap sebagai pemimpi atau orang sakit jiwa malah.

Mimpi-mimpi menjadi penulis besar, kadang tiba-tiba datang begitu saja. Kenapa disebut mimpi-mimpi karena terasa jauh, sangat jauh untuk diraih. Namun kemarin saya bertemu dengan teman lama (sebenarnya sih atasan tepatnya) yang kini sedang menekuni bidang penulisan skenario film. Ini adalah percakapan pertama setelah berpisah kurang lebih sepuluh tahun yang lalu. Sudah lama tidak berkomunikasi, dan dia tetap seperti dulu.

Diujung telepon kudengar suara yang masih tetap ramah dan hangat. Dengan rela dia menyediakan waktu untuk bertemu. Tanpa pikir panjang lagi aku langsung meminta untuk mengajari bagaimana cara menulis yang baik. Dan dia menyanggupi, tapi tidak hari ini, karena belum siap. Hmm... serasa mendapat kehormatan bertemu dia, karena dengar dengar dia sudah menjadi sutradara.

Rasanya asyik juga ya seandainya menjadi penulis keren. Tak usah muluk-muluk lah ingin sekeren Pramudya ananta toer atau Earnest hemingway. Cukup jadi penulis yang punya sedikit idealisme aja. Tak terdekte oleh kemauan pasar, seperti yang dilakukan beberapa penulis sekarang ini. Bahkan ada penulis yang menyembunyikan identitasnya. Cukup aneh, keliatan sekali niatnya hanya sekedar cari uang, dan numpang trend tema yang sedang disukai masyarakat.

Tapi idealisme dengan tanpa uang? Aneh juga rasanya. Bagaimana kita bisa tetap mempertahankan idealisme tanpa makan dan kenyamanan yang cukup? Tampaknya mesti pintar-pintar menyiasatinya saja. Bagaimana mewujudkan idealisme yang dapat mendatangkan uang juga. Buku-buku bagus/idealis tak selamanya tak laku. Nah tinggal kita bagaimana menciptakan buku yang baik dan disukai oleh orang-orang.

Misalnya saja buku Harry potter, Lord of the ring adalah buku buku bagus yang sangat laku di pasar. Bagaimana ya bisa menuangkan gagasan sekeren itu? Mudah-mudahan jawabanya akan terurai pada pertemuan jumat mendatang. Dan dengan berbekal uraian dan keyakinan, semoga aja keinginan eh mimpi-mimpi itu semakin mudah diraih.

Tapi Ada keraguan yang muncul juga, dimana banyak penulis sudah sedemikian jauh berlari, kini sekarang aku baru mulai? Apakah masih ada waktuku untuk mengejar mereka? Tentu saja masih. Seperti apa yang dilakukan founder kentucky fried chiken, dia menuai sukses ketika sudah berumur diatas 50 tahun. Dan dia merasa senang, tidak menyesal. Akupun akan merasa seperti itu kalau nanti sukses. Gagalpun juga tak akan menyesal. Setidaknya dah pernah mencoba.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home