fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Thursday, May 13, 2004

Mudahnya menyalahkan orang lemah
Dua hari yang lalu, ada peristiwa yang sungguh membuat saya tersenyum. Atau mungkin membuat orang lain marah dahsyat. Peristiwanya sendiri sangat sederhana. Ada seseorang yang dengan tanpa rasa bersalah selalu memvonis bahwa temannya bersalah. Tanpa cek apalagi recek bagaimana proses terjadinya peristiwa itu. Memang sangat mudah menyalahkan orang lain. Apalagi jika kapasiatas orang yang akan disalahkan itu lebih rendah, atau bahkan dalam kekuasaanya.

Selalu menyalahkan orang yang lemah, tentunya tidak pantas dilakukan oleh setiap orang, apalagi yang punya budaya. Tapi dasar manusia suka lalai dan ingin menunjukkan kekuasaanya, akhirnya ego asli itu muncul tanpa terkontrol. Tak peduli seperti apa hal itu akan berpengaruh kepda yang bersangkutan. Belum lagi dampak kepada orang lainnya yang mendengar juga.

Kecenderungan menganggap dirinya lebih tinggi antara lain salah satu penyebab sikap itu. Dan dengan tidak disadari sikap-sikap seperti itu berkembang dengan baik didalam mind setnya. Yang akhirnya akan sangat merugikan dirinya sendiri dan juga korbannya. Seandainya hal itu bisa diantisipasi lebih dini, tentunya akan ada kejadian seperti dua hari yang lalu itu.

Mungkin sudah menjadi kewajaran bagi dia, karena lingkungan dan potensinya memang sangat mendukung untuk berbuat seperti itu. Apakah itu sudah menjadi kebiasaannya di rumah, di tempat kerja atau di lingkungan dimana dia berada? Atau mungkin juga dia khilaf, dan tak bisa mengontrol perasaanya? Yang jelas, tak ada alasan pembenaran untuk hal itu. Dilihat dari sisi manapun.

Bahkan ada yang beranggapan itu sangat tidak manusiawi, tak berbudaya dan biadab. Bagaimana seandainya dia yang diperlakukan seperti itu?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home