fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Wednesday, June 09, 2004

Masa lalu itu berlangsung sampai kini

Masa lalu, identik dengan waktu yang telah lama terlewatkan. Meskipun masa lalu seseorang itu berbeda satu sama lain, yang jelas mereka pasti mengingat kesan mendalam yang telah dilewati. Masa lalu bagi sebagian orang bahkan sangat berpengaruh pada masa sekarang dan masa nantinya.

Masa lalu, bagi Dia adalah sebuah bayangan kelam. Suatu waktu dimana dia mengalami segala hal yang tidak pernah diharapkan. Waktu waktu dimana Dia harus melewati detik demi detik yang mau tak mau harus dilakukan demi berlangsungnya kehidupannya. Berat dan tak bisa dihindari.

Dia melewati masa kecil, tanpa mainan mobil mobilan, crayon, kertas gambar dan komik. Sehari harinya dia lewatkan dengan kuda, kerbau ayam dan bau lumpur sawah. Semua itu dilakukan untuk membatu orang tua yang merupakan tugas pokoknya. Selebihnya adalah belajar di sebuah madrasah yang seadanya.

Tapi Dia lebih beruntung dibandingkan dengan teman-teman sebayanya di kota besar misalnya. Dia lebih mengenal alam. Belajar dari keteraturan alam, kehidupan liar yang sewajarnya. Melihat kabut putih di waktu pagi, suara burung-burung berkicau dan bau harum bunga kopi yang sedang mekar.

Waktu sedang berjalan hingga sampai disini, dan kehidupan orang-orang yang Dia tinggalkan tak jauh berubah. Masih lekat dengan kemiskinan yang mendera di setiap sisi kehidupannya. Anak-anak masih melakukan kebiasaan-kebiasaan masa lalu. Tak ada buku buku yang menambah pengetahuannya.

Melihat keadaan yang seperti itu, Dia merasa punya beban moral untuk membantu bangkit dari keterpurukan. Dalam angannya Dia ingin mendirikan sebuah taman bacaan, taman bermain bagi anak-anak. Dan bengekel kreatif untuk mereka yang remaja. Sehingga mereka bisa lebih memaksimalkan kemampuannya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home