fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Tuesday, July 13, 2004

lukisan cat minyak

Pameran lukisan di salah satu galeri keren di Jakarta itu dipadati pengunjung. Mereka datang dari satu kelas sosial yang sama. Kelas sosial yang bersih dan wangi. Karena memang yang sedang berpameran adalah seorang pelukis yang sudah terkenal.

Mengamati lukisan-lukisan yang dipajang, aku tak memahami lukisan itu bagus atau tidak. Juga tak mengerti aliran yang dipakainya, apakah itu impresionis, ekspresionis, naturalis, abstrak atau kombinasi antara keduanya.

Secara pribadi saya kurang tertarik pada lukisan itu. Melihat lukisan itu tak merasa ada getaran apa-apa. Namun banyak orang yang hadir begitu terpesona . Semua berdecak kagum dan memuji-muji. Dimana letak bagusnya sebuah lukisan? Di temanya, teknik pelukis menyapukan kuas atau permainan warna-warnanya? Atau bisa jadi hanya karena ulasan media yang memblow- up seorang pelukis sehinga dia begitu terkenal?

Apakah para pengunjung itu benar-benar menikmati lukisan-lukisannya? Atau mereka hanya takut dianggap tidak "tahu" mana lukisan yang baik, seandainya dia tidak memuji-muji? Entahlah. Yang jelas lukisan-lukisan itu berharga sangat mahal. Tentunya untuk ukuran saya. Bagi mereka-mereka berapapun akan dibeli, asal bisa menaikkan status. Ada juga yang hanya untuk investasi semata.

Tapi tak semuanya datang dengan maksud seperti itu. Ada seorang kakek-kakek yang kumal. Dia datang hanya untuk menikmati. Tidak membeli karena tak ada uang. Tapi dia cukup senang ada kesempatan datang di sebuah pameran. Dia selalu rutin menyempatkan diri ke galeri. Tak hanya galeri yang keren tapi juga galeri kaki lima yang berderet di sepanjang pinggir jalan pasar baru. Pelukis favorit dia adalah Djoko Pekik. Kenapa? Karena dia adalah pelukis yang tak pernah melukis untuk pasar, begitu dia beralasan.

Saya sangat menyukai dua pelukis. Satunya adalah popo iskandar yang selalu melukis kucing. Sangat jarang dia melukis objek lain. Yang kedua adalah jeihan yang selalu melukis wanita dengan mata yang selalu berwarna hitam, gelap. Kegelapan yang berarti keindahan? Seperti kata gede prama bahwa keindahan itu terletak dalam kegelapan. Bukankah sewaktu anda berciuman dengan pacar kalian selalu dengan mata tertutup? , katanya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home