fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Saturday, August 07, 2004

jumat dan awal bulan

Hari jumat siang, waktu sholat jumat menjelang. Aku bersiap untuk datang lebih awal, karena telat 10 menit saja bisa runyam. Masjid sudah penuh terisi sampai sis-sisi sayap kanan dan kiri. Bahkan ada yang rela menunggu di batas suci. Sebagian malah berada langsung di bawah terik matahari. Berdesakan dekat sepatu-sepatu yang baru disemir berderet rapi.

Andai bawa sadjadah, tak perlu berpayah-payah. Mencari-cari koran untuk dibeli. Dari anak-anak yang beredar dengan harga seribu selembar. Kesulitan bertambah, ketika mendengarkan samar-samar khatib berceramah masalah akidah. Waktu ceramah terasa lama, membuat konsentrasi terpecah. Sholat pun, tak khusuk lagi. Ingin cepat sampai ke tempat parkir beli nasi.

Tapi jumat awal bulan ini berbeda. Waktu sholat jumat kurang 10 menit, tapi masjid masih belum ramai. Orang-orang tampaknya berangkat melambat, atau bahkan malah tidak pergi. Terlihat dari masih banyaknya ruang kosong, baik di lantai atas maupun lantai bawah. Dan seperti ini kuamati sejak berbulan lalu.

Ada hubungan apa awal bulan dan ruang kosong masjid? Hubungannya sangat dekat, akrab, bahkan erat. Tampaknya orang-orang merasa lebih dekat dengan Tuhan jika menderita, berada dalam kesempitan. Jika keadaan lapang, seperti setiap awal bulan ini, maka berhubungan dengan Tuhan agak enggan.

Kenapa enggan berhubungan dengan Tuhan selagi waktu senggang? Mungkin karena habis terima gaji, merasa semua masalah hilang. Tak perlu merasa lagi butuh pertolongan Tuhan. Cuman, bukankah itu kebutuhan, baik dalam kesempitan maupun kelapangan?

Entahlah. Mungkin perlu waktu untuk mencapai pemahaman seperti itu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home