fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Tuesday, September 14, 2004

acara tv

Film buruan cium gue memang fenomenal. Baru beberapa hari diputar, sambutan masyarakat meriah, semua mengecam. Tidak hanya dari sisi judul yang menurut aa gym mengajak remaja berzina, tapi dari sisi kualitas, memang tidak layak tonton!.

Sebenarnya bukan hanya film tersebut yang tidak layak tonton. Hampir semua sinetron dan acara tv semuanya buruk, tidak memberi dampak positip bagi pemirsanya. Kalau rajin mengamati, semua sineteron hanya menampilkan tema-tema yang tidak mendidik: seks dan setan.

Mungkin sebagian masyarakat harus berterimakasih kepada ram punjabi, produser film BCG. Karena dengan adanya film tersebut, memicu dibentuknya sebuah gerakan untuk membangun bangsa (gemanusa) yang didirikan olerh AA Gym. Gemanusa yang dideklarasikan di monumen bandung lautan api itu telah mempunyai sukarelawan ( istilah untuk menyebut anggota) ratusan ribu. Dan akan terus berkembang di sejumlah kota di indonesia.

Tujuan gemanusa, sesuai namanya untuk membangun moral bangsa indonesia agar tidak menjadi bangsa yang korup dan perilaku tidak bermoral lainnya. Hanya saja selain korupsi, yang paling banyak dikritisi adalah tayangan tv dan layar lebar.

Penarikan film tersebut, tentu saja mendapat tentangan dari pada seniman tersebut. Mereka merasa kebebasan berekspresinya dihambat. Menaggapi hal itu, aa gym bersuara keras. "Silakan bebas berekspresi di kamar mandi, kalau sudah menyangkut orang banyak, berekspresi harus memakai etika. Intinya kan bisnis, mencari uang. Jadi berbisnislah dengan etika, "tambahnya pada acara Indahnya Kebersamaan yang di"live" kan sctv.

Akankah gemanusa sanggup mengubah wajah hiburan di indonesia? Masih perlu waktu untuk menjawabnya. Karena selama ini para stasiun tv menayangkan acaranya hanya berdasarkan rating. Kalau rating tinggi, seburuk, sekonyol, semesum apapun acara pasti akan terus ditayangkan. Mana ada stasiun tv yang mau merugi?

Sebenarnya selera masyarakat tak seburuk yang diperkiarakan para produser acara. Masyarakat selama ini menyukai sebuah acara, karena memang tidak ada pilihan yang lebih baik. Buktinya indonesian idol, afi banyak yang suka.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home