fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Thursday, October 14, 2004

hati hati yang bersih

Ramadhan minus sehari. Persiapan orang-orang sudah pada taraf nyaris sempurna. Terlihat dari banyaknya email yang aku terima di banyak milis yang aku ikuti semua minta dimaafkan. Mereka ingin bersih, putih tanpa noda. Harapannya dengan bekal itu, mereka bisa melaksanakan puasa sesuai yang diinginkan Tuhan.

Tak hanya di milis, di yahoo messanger, icq dan di aol pun, hampir semua menuliskan status permintaan maaf. yang lebih nekad lagi, ada yang mengirimkan message ke seluruh member yang ada di listnya. Sebuah semangat untuk kembali ke "awal" yang begitu bergelora.

"Maafin gue nyet!" Itu adalah salah satu status yang muncul diantara status-status yang unik. Saya yakin dia hanya sekedar becanda belaka. Maksud sebenarnya adalah keinginan tulus untuk benar-benar minta maaf. Sama seperti orang-orang lain.

Ada juga yang statusnya comot dari lagu. "Ramadhan tlah tiba, Ramadhan tlah tiba, hore hore". Expresif, ceria dan tulus. Seperti lagunya tasya menyambut liburan kenaikan kelas.

Cuman kenapa kesadaran itu baru terlihat hari ini, sehari menjelang puasa Ramadhan? Entahlah apakah ini hanyalah sebuah kebiasaan, adat atau agar terlihat pantas saja? Semoga tidak. Kayaknya akan sangat jarang orang berani "bermain-main" dengan Tuhan.

Namun tak semua mempersiapkan puasa dengan suka cita. Diantara orang-orang itu, datanganya bulan Ramadhan dirasakan sebagai beban yang berat. Selalu mencari alasan pembenaran agar tidak bisa melaksanakan puasa. Memang, kalau hanya menahan lapar dan minum itu gampang.

Lebih parah lagi kalau alasan keberatan menyambut Ramadhan itu adalah "tradisi" yang menganggap Lebaran identik dengan baju baru, celana baru dan hal-hal lain yang sebenarnya tak berhubungan dengan Ramadhan. Sungguh suatu pemaknaan Ramadhan yang menyimpang.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home