fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Friday, April 29, 2005

kabar suka cita ha ha ha

Suatu ketika pernah aku dengar ucapan ustad di masjid, Tuhan akan memberin rejeki dari pintu-pintu yang tak terduga. Rupanya ucapan itu benar adanya saat ini. Setelah minggu kemarin uang makan naik dan mendapatkan bonus, mulai bulan ini gajiku juga naik tiap bulannya. Menyenangkan dan patut dirayakan kan?

Sebuah penantian panjang. Waktu itu buka puasa bersama. Suasana sangat bersahabat dan karena nyaris lebaran, orang-orang tampak lebih alim, penuh permnaafan. Di hall basement wpi sore itu banyak terhidang makanan komplet. Aku berada diantara senyum dan sapaan yang dibuat semenarik mungkin.

Sebelum sampai pada acara makan, pak direktur memulai pembicaraan. Terkesan serius dan hati-hati, tahun ini akan ada kenaikan gaji dua kali, Bulan April dan September. Semua karyawan bersorak, dan tepuk tangan bergemuruh cukup lama. Wajah bersinar dan senyum terlihat di hampir seluruh karyawan.

Bulan yang dijanjikan tiba juga. Kata-kata yang diucapkan pak direktur berubah menjadi angin gemuruh dari surga, melenakan sesaat lalu hilang. Kenaikan gaji itu ditunda dan hanya terjadi sekali dalam tahun itu.

Menurut temenku, aku masih hijau. Masih bisa termakan oleh omongan-omogongan manis, tipu-tipu macam itu. Masiih menurut dia, hal itu sudah sangat biasa terjadi. Apalagi ini kan sebuah perusahaan keluarga. Dan karyawan tidak pernah tahu semaju atau sebobrok apakah kondisi yang sebenarnya. Tak ada transparansi. Maklum juga sih, kan belum go public.

Tapi rencana untuk go publc sudah setahun sebelumnya malah. Semua karyawan diberi kesempatan untuk membeli. Bangga juga seumur-umur akan membeli saham. Waktu itu aku termasuk yang punya kesempatan membeli banyak jumlah saham. Dan suatu saat nanti, ketika sudah go public, aku akan mendapatkan untung yang sangat besar.

Aku berandai-andai, kalau 1 lembar saham untungnya Rp 100 saja, aku sudah putuskan untuk keluar saja dari perusahaan ini. Aku mau pulang kampung, mendirikan perputakaan umum, membuat workshop gratis untuk anak-anak dan remaja di sekitarku. Biar kelak mereka tidak menjadi buruh seperti aku sekarang ini.

Tapi sudahlah, waktu terus bergerak dan apapun keadaan perusahaan sekarang ini, setidaknya aku masih mendapatkan upah. Oh ya masih ada satu lagi isu yang aku dengar, bulan depan nanti akan ada bonus per 3 bulanan. Jadi setahun mendapat 4 kali bonus. Mengenai besarnya, mungkin tak begitu relevan dibahas. Toh besar dan kecil nilai sesuatu kan sangat subjektif. Aku berpikir dan berusaha meyakinkan kepada diri sendiri, upah yang aku terima sudah sangat besarr.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home