fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Thursday, May 26, 2005

persepsi, harus seragam

Aku tak percaya kalau aku tuh ternyata gila. Kamu pun pasti juga tak percaya. Kalau aku tanya ke orang-orang di rs jiwa Grogol, mereka juga tak pernah menyadari dirinya gila. Lalu apa sih yang disebut gila?

Oke kita baca saja cerita Zedka kepada Veronika di novelnya Paolo Coelho "Veronica Memutuskan Mati":
Seorang tukang sihir ingin menghancurkan kerajaan dengan memasukkan ramuan ajaib ke sumur yang dipakai penduduk seluruh negeri. Siapapun yang telah minum air tersebut menjadi gila. Lalu gilalah semua rakyat negeri itu, kecuali raja dan permaisuri. Aturan yang dibuat raja menjadi aneh dan tak masuk akal. Seluruh rakyat menghendaki raja turun tahta. Merasa putus asa, raja pun siap turun. Namun permaisuri mencegah. Permaisuri mengajak raja minum dari air sumur yang sama diminum rakyat. Dengan begitu mereka berdua akan mempunyai logika yang sama. Seketika raja dan permaisuri pun menjadi gila. Dan menurut rakyat, kini raja telah menjadi bijak. Negeri pun hidup damai.

Kasian sekali orang-orang yang dianggap gila dan dimasukkan ke rs jiwa. Hanya karena berperilaku, berlogika dan berpersepsi berbeda dengan orang "normal". Bolehlah kalau mereka membahayakan orang lain. Tapi mereka yang tidak mengganggu kepentingan orang lain, tentunya boleh saja bertindak "semaunya". Termasuk untuk bunuh diri.

Seperti yang dilakukan Veronika. Perempuan muda itu tak sedih dan tidak juga terlalu senang. Sebagai pustakawan, dia merasa hanya melakukan kegiatan sehari-hari. Hidup akan terasa sama sepuluh, dua puluh lima puluh tahun lagi. Lalu dia mencoba melakukan hal yang berbeda : menenggak pil tidur. Dia menginginkan kematian. Kematian dimana dia akan membuktikan Tuhan itu ada atau tidak. Sebagai orang Slovenia, orang tuanya penganut katolik yang taat. Tapi dia ikut komunis.

Tindakanya gagal, sesama teman biawawati melihatnya. Lalu dia diangkut ke rs untuk menjalani perawatan. Di RS dia hanya menerima suntikan-suntikan obat penenang hasil ekperimen dr Igor: Vitriol, racun mematikan yang rasanya getir. Veronika dinyatakan depresi.

Benarkah?

Sampai sekarang aku belum selesai membaca novel yang menarik ini. Bahasanya sederhana dan tidak bertele-tele dan detail dalam diskripsi. Lah, belum selesai baca kok sudah ngasih komentar, mungkin bisa dianggap gila juga? Ha ha...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home