fun.. abis!!

contact:me@fanabis.com

Monday, July 25, 2005

makan siang ribet

makan siang ini, pilih menu apa kira-kira? Makin sedikit pilihan. Sebelumnya terbatas pada cekaknya kantong, kini makin sedikit menu yang aman di tubuh. Mau makan ayam, was-was flu burung, ikan asin, telah terbalut formalin. Ikan segar telah tercemar seng (Zn). Juga sayuran yang selalu diguyur pestisida, sampai ulat pun tak mau menjamah.Ada yang lebih praktis sebenarnya: makanan pasta (mie kering, roti, nugget, macaroni, spageti dan kawan-kawannya). Tapi resiko juga tak kecil. Makanan itu sengaja dicampur racun kima biar awet dan tidak cepat rusak, mMembuat kanker tumbuh subur di tubuh kita. Apalagi mie, biar tak lengket satu sama lain, kabarnya dilapisi dengan lilin.

Makan siang jadi tambah ribet ketika hanya di ada satu kantin ground floor. Mau ke dpr (pedagang kaki lima di depan masjid), harus menyeberangi jalan arteri pondok indah yang selalu ramai. Apalagi setelah underpassnya jadi. Untuk mencapai warung-warung kaki lima jalannya harus memutar.

Ada plus minusnya memang makan di kaki lima. Enaknya, menu di dpr lebih banyak dibanding kantin gf. Aku suka jusnya yang dahsyat. Tempatnya yang dibawah pohon rindang, angin berhembus pelan, memberikan kesan damai. Bisa mengingat masa lalu, dan mengkhayal masa depan.

Lainya, tidak berisik dan crowded. Harganya juga sangat teman, cukup murah. Tapi itu bukan berarti tak ada jaminan kesehatan. Memang ada beberapa yang jorok menurutku. Dan kualitas bahan yang dimasak pun juga agak kurang bagus. Tapi aku selalu menghindari makan makanan yang tak higienis itu.

Nafsu makan jadi pergi tak pernah kembali ketika inget tayangan tv kemarin: pemusnahan unggas dan babi yang diduga kena flu burung. Babi-babi dibius, dimasukkan ke truk, lalu dibawa ke tempat penguburan. Sebelum dilempar ke tempat pembuangan babi-babi itu disembelih. Darah mengalir merembes sampai dasar lantai pembuangan. Baru diurug, pakai traktor.

Sayangnya, wartawan, pejabat dan penonton tak pakai masker. Ngga takut ketularan flu burung? Mungkin karena banyaknya pejabat yang suka ngomong tentang flue burung yang tidak tepat. Tak perlu kuatir makan ayam, bahkan ayam mentah pun, tak bisa tertular. Karena masa inkubasi virus flue burung hanya 4 jam. Begitu misalnya.

Tak jelas memang. Dan ceroboh mungkin sudah kebiasaan kita sejak lama. Tak direncanakan penanggulanannya. Nanti kalau sudah jadi wabah, baru ribut-ribut. Dan tak ada juga kampanye untuk mencegahnya.

Jadi mau makan siang apa hari ini? Takut. Nyawa bisa terancam. Apakah ketakutan orang-orang dari wabah dilindugi hukum? Entahlah. Matahari bergegas turun, perut makin melilit, dan masih mencari menu makan siang....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home